Pages

Selasa, 10 Mei 2016

Random thoughts 10/05

Long time no write~
Hello fans ~

Malam ini cuma mau nulis tulisan yang gak berguna sih. Berhubung penyakit tidur malam menjelang paginya kumat lagi, kayaknya beberapa hari terakhir ini bakalan sering curhatin hal-hal gak penting yang saya alamin. Singkat cerita beberapa hari ini lagi malas sekali pegang handphone, alhasil ada beberapa bbm dan watsap yang hanya diread. Chat yang dibalas paling yang topiknya menarik minat saya, seperti curhatan yang anti-mainstream (Ps: Kalau curhatannya itu-itu lagi males juga sih nanggepinnya) eh sorry yaa :)) Jangan tanya udah makan atau belum, mending sekalian ajakin makan. Okay ?

Kebetulan saya bukan tipe orang yang hobi cerita kesana-kemari. Curhatan saya biasanya tidak lebih dari lima orang yang tahu. Inilah kenapa gebetan saya banyak, eh salah ya, sudah tobat. Sekarang satu aja dan kepinginnya sih gak cuma untuk sekarang, tapi selamanya #ciyegitu

Beberapa hari ini saya terima curhatan yang isinya masa lalu, selingkuhan, nikahan dan drama korea. Saya memang terlahir sebagai pendengar setia dibanding dengan pencerita sepertinya, itulah kenapa saya kalau ngobrol langsung to the point dan kalau balas pesan seperlunya. Kalau ngobrol saya gak tau harus ngomong apa aja, dan kalau membalas pesan, saya malas ngetiknya.

Be a good listener. Karna saya sadar saya bukan seseorang yang talk-active dan cenderung lebih pasif. Kamu gak tau harus ngomong apa saat sama saya ? Bersiaplah untuk tak mendengar sepatah kata pun yang keluar dari mulut saya :) Butuh umpan yang sangat baik untuk dapat memancing saya.

Saya suka mendengar curhatan orang-orang sekeliling saya. Tak semua orang yang curhat ingin diberi saran. Maka dari itu menurut teori yang saya buat sendiri terdapat tiga kategori alasan-alasan orang mencurahkan isi hatinya.

1. Bercerita tanpa meminta solusi
Tipe orang seperti ini biasanya hanya ingin berbagi keluh kesah yang dialaminya. Mereka berbicara tanpa jeda sampai pada akhirnya ia merasa lega. Mereka takkan meminta solusi, biasanya saat curhat mereka akan mengakhirinya dengan ucapan terima kasih atas kemauan kita mendengarkan ceritanya. Just it. Gak usah sok-sok-an ngasih solusi kalau sama yang tipe begini, ntar dibalikin. "yang minta solusi siapa ? kan cuma pengen cerita"

2. Bercerita berharap solusi
Nah kalau yang tipe seperti ini biasanya nyaris sama seperti yang pertama. Kalau di akhir cerita kita sebagai pendengar diam saja dia pasti ngedumel "Ah cerita sama lo gak menghasilkan solusi" ini tandanya ia menuntut si pendengar peka. Huahaha. Ada pula yang dengan jelas di akhir dan diawal cerita ia akan memberikan warning "Menurut lo gimana ?". 

3. Bercerita - berharap solusi sambil membenarkan diri
Kalau kamu-kamu semua bertemu dengan teman macam ni kamu-kamu semua kudu sabar. Dia bercerita dan berharap solusi, namun saat kita sudah memberikan solusinya mereka bukannya mempertimbangkan solusi yang kita kasih tapi malah "Bener kan gue ? Harusnya gini kan ? Harusnya gitu kan?" Lha kalau udah punya solusi sendiri ngapain minta solusi orang yang endingnya didengerin aja enggak.

Ini menurut teorinya Alif, ya. Kalau benar silahkan dikutip, kalau salah mohon dibantah dengan menerbitkan teori baru.

Jadi pendengar setia artinya kamu harus lebih banyak mengerti dan memahami. Kamu harus membayangkan ada di dua posisi, si pencerita dan si subjek dari yang diceritakan. Jadi pendengar setia pun harus bisa menjaga rahasia. Teman saya pernah bilang "Kita jangan sampe musuhan deh lif, bahaya, rahasia gue banyak di elu" (Siapa suruh :p) Hati-hati segala yang diceritakan bisa menjadi kartu as yang suatu saat bisa menjadi counter attack. Serunya sih pada saat bercanda pribadi terus udah kalah ya dibalikin sama yang pernah dia ceritain. Ini pengalaman soalnya, paling ujung-ujungnya mereka bilang "siyal dibalikin" :p

Udah segini aja untuk malam ini, yang nulis galau gak bisa tidur karna mikirin orang yang (kayaknya sih) sudah tidur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Terimaksih sudah bersedia membaca. Silahkan tulis kritik-saran-pujian-pertanyaan di kolom komentar :)